Minggu, 20 Juni 2010

Pembelajaran Berprograma

Pembelajaran Berprograma
ini dia salah satu jenis dari pngebangan Bahan Ajar, yang sama2 "merenggut masa muda" hehehe ^_^v berikut sedikit penjelasan mengenai bahan belajar pemrograma

Prinsip-Prinsip Berprograma

  1. belajar melalui Langkah Pendek
  2. belajar dengan aktivitas Tinggi
  3. umpan Balik
  4. maju berkelanjutan
  5. belajar individual
kita simak penjelasannya... ^_^v...

1. Belajar Melalui Langkah Pendek
  • Belajar melalui langkah pendek
  • Materi terdiri dari unit terkecil.
  • Unitsatu kesatuan bulat yang berarti
  • Setiap unit harus dipelajari tuntas/mastery learning
  • Adanya tes dalam setiap unit, untuk mengetahui ketuntasan materi
  • Kesesuaian waktu dengan materi
2. Belajar dengan aktivitas tinggi

  • Akivitas tinggi digambarkan dengan banyak kegiatan dalam berfikir
  • Rangsangan dalam belajar
  • Apersepsi
  • Bahasa harus menarik/respon dari siswa dengan membuat perhatian
  • Iustrasi yang meningkatkan motivasi
  • Buat pertanyaan/tugas yang berhubungan dengan topik untuk meningkatkan respon
  • Belajar dengan memperoleh Umpan Balik
  • Umpan balik dalam Pengajaran berprograma melalui
  • Jawaban-->diberi alasan/penjelasan
  • Komentar-->berupa reinforcement( reward dan punishment)
  • Temuan-temuan-->yang dikerjakan oleh peserta didik

3. Belajar Dengan Maju Berkelanjutan
  • Tujuan ditetapkan untuk mengubah kognitif secara spesifik
  • Materi yang disajikan :
  • sederhana--->kompleks
  • Belajar Individual
  • Bahan ajar yang diberikan harus mampu mewakili guru. Misalnya pada saat mengajar guru harus memberikan contoh/ilustrasi, penguatan, respon, bahkan motivasi.
  • Dalam pengajaran berprograma siswa diharapkan mampu memahami materi tanpa disampaikan oleh guru

Dalam setiap bingkai pada Pengajaran berprograma harus memuat tiga (3) unsur:
  • Informasi dan Ilustrasi/contoh
  • Pertanyaan/Latihan/tugas
  • Respon siswa

Berikut contoh dari Buku Berprograma

Tidak ada komentar: