Minggu, 20 Juni 2010

Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK)

Pembelajaran Berbasis Komputer Merupakan sebuah inovasi di jaman yang serba modern dimana teknologi diikutsertakan dalam proses pembelajaran. Teknologi yang dimaksud disini tentunya adalah komputer. Dalam era modern ini, komputer menjadi salah satu media yang cukup ampuh dalam mengatasi kesulitan proses pembelajaran.

seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi dan komunikasi pun berkembang dengan pesat nya. peran tknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan pun mulai diperhitungkan. banyak software dan media pembelajaran yang menyajikan teknologi dan pembelajaran. mungkinkita sering mendengar tentang pembelajaran berbasis komputer, pembelajaran yang disajikan dengan mnggunakan media komputer.
kegiatan instruksional, dengan menggunakan bantuan komputer atau lbih dikenal sebagai computer based instruction (cbi) merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer. dewasa ini, CBI telah berkembang menjadi bergbagai model dimulai dari CAI (Computer assiste instruction), kemudian mengalami perbaikan menjadi ICAI (Intelligent computer assited instruction), dengan dasar orientasi aktifitas yang berbeda muncul pula CAL (computer assisted Larning), CBL (Compuer Based Learning), CAPA (computer Assisted Personalized Assigment), ITS (intelligent Tutoring System).

pada dasarnya pembelajaran berbasis komputer menuntut siswa agar siswa dapat belajar sendiri dengan berinteraktif dengan media CBI tersebut. karena berdasarkan pnelitian Kemampuan Memori Memahami Pengetahuan berdasarkan tingkaannya sebagai berikut;
10 % Membaca
20 % Mendengar
30 % Melihat
50 % Melihat & Mendengar
80 % Berbicara
90 % Berbicara dan melakukan (interaktif)

pengajaran dengan bantuan komputer dipromosikan untuk mengatasi masalah-masalah sebagai berikut:
1. terbatasnya waktu yang tersedia bagi siswa untuk berkonsultasi dngan gru mengenai materi pelajaran dalam kgiatan belajar mengajar di kelas.
2. jumlah siswa yang banyak menyebabkan kurang tersedianya komentar atau jawban yang cukup jelas dari gru atas pertanyaan yang iajukan siswa secara individual.
3. tidaktersedianya bantuan secara scara langsung dari guru kepada siswa yang sedang mnghadapi masal yang berhubungan dengan materi pelajaran.
4. jumlah siswa yang banyak memiliki kcenderngan tejadinya Plagiasi (pnjiplakan yang dilakukan beberapa siswa ketika mereka dihadapkan pada suat asalah yang menuntut mreka untuk bisa menylesaikannya secara individual (Nachuoki & Gouarderes, 1994).
5. minimnya kegiatan praktek secara langsng yang dapat mengasah keteramilan siswa.
6. menjembatani keterbatasan guru sebagai tenaga pengajar yang mengalami hambatan untuk datang dan mngajar sebagaimana mestinya atau jam ntuk mengajar sangat padat sehingga kgiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan scara konvensional.

pada PBK terdapat empat model diantarnya yaitu model Drills, model tutorial, model simulasi, dan model games.

a. model drills
model drills dalam CBI pada dasarnya meruakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan mmberikan pengalaman belajar yang bertujuan memberikan satu strategi pembelajaan yang berujuan memberikan pengalaman belajar yag lebih kongkrit melalui pnciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
Drills dalam CBI menyediakan latihan-latihan soal yang bertujuan untuk menguji penampilan siswa melalui kecepatan menyelesaikan soal-soallatihan yang diberikan program.

b.model model Tutorial
model tutorila dalam CAI pola daasrnya mengikuti pengajaran berprograma atau branching dimana informasi atau mata pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan. respon siswa dianalisis oleh komputer (diperbandingkan dengan jawaban yang diintegrasikan oleh pnulis program) dan umpan baliknya yang benar diberikan (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, 1990).
terdapat beberapa hal yang menjadi idntitas dari tutorial, yaitu:
  • pengenalan
  • penyajian informasi
  • pertanyaan dan respon
  • pnilaian respon
  • pemberian feedback tentang respon
  • pembetulan
  • pengaturan pngajaran
  • penutup.

c. Model Simulasi
model simulasi pada CBI pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui bentuk tiruan pengalaman yang sebenarnya.
model simulasi terbagi k dalam empat kategori yaitu fisik, situasi, prosedur, dan proses dimana masing-masing kategori tersebut digunakan sesuai dengan kepentingan tertentu.

d.model Games
model perminan ini dikembangkan berdasarkan atas "pembelajaran yang menyenagkan", dimana pserta didik akan dihadapkan pada bberapa petunjuk dan aturan permainan.
pembelajaran di desain seolah peserta didik mengikuti permainan yang disajikan melalui simulasi-simulasi tertentu yang dibutuhkan agar peserta didik mampu menreapkan semua pengalaman blajarnya dalam menyelesaikan masalh yang dimaksud.

Berikut contoh mengenai Pembelajaran Berbasis Komputer.
DOWNLOAD DISINI.

Tidak ada komentar: