Selasa, 08 Juni 2010

Selayang Pandang Aku dan Teknologi Pendidikan

Hari itu, Dadang mendapatkan kabar dari Neneng kalau dia telah lulus SNMPTN di salah satu universitas terfavorit di Bandung
"Dang, selamat yah kamu masuk di Universitas A, keren eng..." begitu nada neneng memberikan
ucapan selamat pada Dadang. hanya senyum yang menyungging dari bibir manis Dadang. tak lama kemudian Neneng bertanya
"eh, iya kamu ngambil jurusan apa seh di Universitas A?"
"tekpend".
"tekpend? jurusan apaan tuh?"
"hehehe, saya juga engga tau."
doweweng... seketika kata-kata itu datang menghantui Dadang kembali... "Teknologi Pendidikan" mau jadi apa saya nanti? belajar apa seh di tekpend? aduh.... apalagi kata engkong, mamang gue kalau tekpend tuh madesu... bwaaaaa..... oh no..... cerita di atas merupakan salah satu gambaran ketika seseorang yang memutuskan untuk berkuliah di teknologi pendidikan. mungkin anda salah satu nya???

pada coretan kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai pengalaman saya mengenal teknologi Pendidikan, apa itu teknologi pendidikan mau jadi apa saya nanti??? berikut seklumit pengalaman ketika pertama kali teknologi pendidikan hadir di kehidupan saya.. (hehehe lebay.. -_-")

entah, apa yang membuat saya memilih dan melingkari bualatan jurusan teknologi pendidikan di lembar PMDK pada tahun 2007 yang lalu, padahal kata teknologi pendidikan begitu asing di telinga saya, dan begitu juga hal baru bagi keluarga saya. meskipun backgroound keluarga saya pendidik, tapi tidak ada yang mengenal tekpend (mungkin saya saja yang kurang gaul, atau emang tekpend nya yang ga gaul??) hehehe...

....TEKPEND.... kata-kata yang begitu aneh!

pernah suatu hari kakak saya menanyakan mengenai keputusan saya memilih PMDK jurusan Tekpend "dek,benar mau ngambil jurusan Tekpend? memang Tekpend nanti jadi apa?" seketika saya hanya menggelengkan kepala dan berkata "mungkin sudah takdir mbak, saya masuk di Tekpend" (hehehe ^_^) hanya kata-kata seperti itu lah yang keluar dari mulut saya, mungkin karena "bingung" harus menjawab apa tentang Tekpend.
setelah hari itu saya bertekad untuk mencari tahu apa itu dunia teknologi pendidikan. mulai dari searching di web, bertanya pada guru, dan kakak tingkat SMA. meskipun permulaan di semester pertama saya hanya dapat menggambarkan bahwa teknologi pendidikan itu ialah orang yang bisa membuat media pembelajaran, orang yang bisa ngajar di kelas, dan orang yang ahli masalah pendidikan.

apakah memang begitu??
pencariaan tentang teknologi pendidikan pun tidak berhenti di awal masuk perkuliahan saja tetapi hari-hari perkuliahan di bangku teknologi pendidikan pun menuntun sayamengenal tentang apa teknologi pendidikan.

lalu apa sh teknologi pendidikan itu???
teknologi pendidikan merupakan suatu bidang yang mempelajari tentang bagaimana memanfaatkan,merancang, mengelola sumber belajar guna mengatasi permasalahan belajar. memanfaatkan, merancang, dan mengelola?? apakah memang begitu? ya tentu seorang TP-ers dituntut harus memiliki kemampuan bisa merancang dan mengelola media pembelajaran. eits, berbicara tentang media pembelajaran dan teknologi pendidikan jangan hanya terpikirkan alat peraga kimia, biologi, white boar, dan LCD.. terus media pembelajaran seperti apa? di teknologi pendidikan di bekali sepetur bagaimana membuat media pembelajaran, diantaranya di teknologi pendidikan dimulai dari teori pendidikan, sampai cara bagaiamana membuat media sederhana untuk pembelajaran. ilmu itu terdiri dari media grafis, phothografi, Media TV, pengembangan Bahan Ajar, Pembelajaran Berbasis Komputer, pengembangan Web, penulisan naskah dan banyak lagi...

jadi buat teman-teman yang merasa dirinya baru di dunia teknologi pendidikan, jangan khawatir Madesu... banyak ilmu dan wawasan yang diperoleh, dan tentunya orang teknologi
pendidikan tidak terpaku menjadi guru atau pendidik saja loh...

semoga suksess...







Tidak ada komentar: